Tempat Berkemah di Bogor : Curug Cilember


foto dari @alfathilys, pinjem fotonya ya...

Tempat Berkemah di Bogor : Curug Cilember

Bismillah
Jika kamu ingin merasakan sensasi menginap di alam bebas tanpa harus repot-repot pergi ke gunung, kamu bisa mencoba mengunjungi Curug Cilember. Curug Cilember adalah salah satu tempat wisata alam yang ada di Kecamatan Megamendung, Kota Bogor, Jawa Barat. Curug Cilember adalah salah satu tempat wisata air terjun yang populer di Kota Bogor. Tempat ini menawarkan keindahan berupa tujuh air terjun di tengah hutan yang lebat.

Untuk menuju ke Curug Cilember, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga angkutan umum. Memerlukan waktu antara 1.5 – 2 jam untuk menuju tempat ini dari pusat Kota Jakarta. Tidak perlu khawatir dengan jalan yang berlubang, karena akses menuju tempat ini sudah sangat baik.
Tidak perlu repot untuk mencari lahan parkir, karena pengelola sudah menyediakan lahan parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Setelah memarkirkan kendaraan, anda bisa melanjutkan langkah anda ke tempat pembelian tiket masuk. Disana kamu bakal segera disambut oleh suara gemericik air yang mengalir.
Pohon rindang di area curug
Urutan curug disini berkebalikan dari yang paling dekat ke yang paling jauh. jadi curug yang paling dekat adalah curug 7, lalu curug 6, dan seterusnya. Jarak dari pintu masuk ke curug yang pertama, dan dari satu curug menuju curug yang lain rata-rata berjarak kurang lebih 300 meter, atau 15 menit berjalan kaki. Maka, sebelum kamu menjelajahi Curug Cilember, ada baiknya kamu mempersiapkan fisikmu terlebih dahulu. Tetapi jika kamu sudah terbiasa berjalan kaki, atau mempunyai hobi hiking, maka tidak menjadi masalah untukmu.

Dari pintu masuk ke curug 7 kamu bisa menemui beberapa fasilitas yang disediakan pengelola. Seperti kolam ikan, dan taman kupu-kupu. Kamu juga bisa bermain game seperti panahan, paitball, dan flying fox. Kamu juga akan melewati kios penjual makanan. Kamu juga akan menemukan Musholla.

Curug 7 adalah curug yang pertama dan yang paling tinggi di Curug Cilember. Dibawahnya dibangun bendungan agar wisatawan bisa berenang di tempat ini. Di sekitar curug 7 disediakan tempat untuk mengganti pakaian.

Jika kamu ingin pergi ke curug 5, kamu harus rela untuk kembali berjalan kaki melewati jalan yang menanjak. Jalan tersebut sudah dirapihkan dan diberi blok bata. Jadi, kamu tidak perlu takut tergelincir. Di curug 5 kamu masih bisa menjumpai kios makanan. Kamu juga bermain air di curug 5, tetapi kamu dilarang untuk mendekati jatuhan air terjun di curug 5.

Jika kamu ingin melanjutkan perjalananmu ke curug 4, curug 3, dan curug 2, maka kamu harus melalui track berupa jalan setapak yang menanjak dan masih beralaskan tanah. Kamu harus berhati-hari jika ingin melewati tempat ini. Jangan takut tersesat jika kamu menemui persimpangan. Karena persimpangan tersebut adalah jalan menuju masing-masing curug. Kondisi air di ketiga curug tersebut sangat bening. Kamu bisa bermain air dan merasakan jatuhan air terjun di punggungmu.

Tempat ini menyediakan tiga tempat berkemah/camping ground. Yaitu di dekat curug 7, di dekat curug 5, dan di suatu tempat yang dinamai lelmbah pakis. Tidak perlu khawatir jika kamu ingin buang air, karena di setiap tempat berkemah terdapat  toilet yang cukup bersih. Jika kamu takut untuk mendirikan tenda di tempat yang gelap, maka jangan dirikan tendamu di dekat curug 5 dan di lembah pakis, karena di tempat itu belum ada penerangan pada malam hari. Kios makanan di dekat curug 5 juga tutup pada malam hari. Jika kamu tidak mebawa tenda, kamu bisa menyewa tenda yang disediakan disana. atau kamu bisa menyewa tempat penginapan yang disediakan dengan mebayar lebih besar.

salah satu tenda
Kamu pasti bertanya, dimanakah curug 6 dan curug 1? Curug 6 cilember berada di atas curug 7 dan bisa dilihat dari area curug 7. Demi keselamatan pengunjung, pengelola tidak membuka akses ke curug 6 karena jalur menuju tempat itu sangat berbahaya. Saya tidak mendapatkan info dimana curug 1 berada. Mungkin jalan menuju curug 1 juga tidak dibuka karena alasan keamanan.

Walaupun hanya ada lima curug yang bisa kamu kunjungi, curug cilember sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan asiknya berkemah di alam. Bagaimana, tertarik mengunjungi Curug Cilember?

Komentar

  1. Sepertinya asik nih suasananya mudah-mudahan bisa berkunjung ke sana. Adminnya lebih suka ke pegunungan atau daerah pantai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane sih sukanya ke pegunungan pak, ehehe...

      Hapus

Posting Komentar